widgets

Senin, 29 Oktober 2012

SMK N 4 PADANG


Pembelajaran yang ada di smk n 4 padang


    Puluhan lukisan kaligrafi Islam dalam berbagai ukuran dan dimensi dari kedua pelukis yang berbeda latar belakang pendidikan, Amir Syarif jebolan Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) Yogyakarta dan H. Am. Y. Dt. Garang jebolan seni rupa IKIP (sekarang UNP) Padang, terlihat secara umum keduanya melihat hal yang paling pokok dari kaligrafi Islam dengan khatnya yang variatif melalui sapuan warna dan tarikan garis-garisya yang lembut di masing-masing kanvas paling tidak mencitrakan kepada kita akan kebesaran Allah SWT dengan segala ciptaan-Nya di langit, di bumi dan seisi alam. Pada sisi lain unsur fisik dan psikis kedua pelukis di dalam karya-karyanya menggambarkan betapa pergulatan keduas pelukis dalam ranah estetis dengan seperangkat idiom-idiom baru yang ditawarkan.
    Selain itu jika kita menyidik puluhan karya kedua pelukis di ruang pameran ini tak dapat dipungkiri bahwa keduanya banyak dipengaruhi dan menggali karya pelukis-pelukis terdahulu kaligrafi Islam di tanah air seperti karya AD. Pirous, Amang Rahmang Jubair, Amri Yahya, Syaiful Adnan dan lainnya. Kemudian kedua karya pelukis selain mengutamakan khat kaligrafi Arab bersumber dari ayat-ayat suci Al-quran juga berangkat dari karya-karya lukis ornamental dengan motif-motif obyek yang ada di alam dan seisinya dengan mengutamakan aspek keindahan kaligrafi Islam sebagai totalitas wacana isian karya
    Dihubungkan karya kedua pelukis yang digelar kemudian menghubungkannya dengan memaknai Al-quran yang penuh kisah-kisah indah tersebut paling tidak terdapat 30 ayat tentang keindahan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Karena itu bila pelukis muslim bertolak dari ayat-ayat Al-quran tersebut maka dalam dirinya senantiasa penuh dengan kalimat tauhid setiap saat, maka lukisannya membuahkan hasil yang bernafaskan Islam atau jauh dari bisikan-bisikan syetan. Kedua pelukis selalu berpegang teguh dengan ayat-ayat Al-quran, dengan oriantasi fungsi dan sasaran yang tidak menyimpang dari ajaran agama Islam dan Al-quran.



           28-10-2012 / Selasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar